Beranda Internasional Bantuan Kemanusiaan Tertahan di Perlintasan Rafah saat Krisis Gaza Kian Memburuk

Bantuan Kemanusiaan Tertahan di Perlintasan Rafah saat Krisis Gaza Kian Memburuk

Truk-truk bantuan kemanusiaan terlihat di sisi Mesir perlintasan perbatasan Rafah pada 7 Agustus 2024. (Xinhua/Ali Moustafa)

0
446
Xinhua

CARAPANDANG.COM, RAFAH, Mesir, 8 Agustus (Xinhua) -- Di tengah teriknya musim panas, seorang sopir asal Mesir, Mohammed Abdel-Fattah (50), menunggu dengan cemas untuk membawa truknya, yang memuat bantuan medis dan kemanusiaan, masuk ke Jalur Gaza melalui perlintasan Rafah, yang ditutup sejak Israel menduduki sisi Palestina perlintasan itu pada awal Mei lalu.

   

"Saya tiba sepekan setelah perlintasan ini ditutup," ungkap Abdel-Fattah (50), seorang sopir truk dari Kairo, kepada Xinhua sambil duduk di samping truknya di dekat sisi Mesir perlintasan Rafah.

   

Pada 7 Mei, militer Israel mengumumkan pemberlakuan kontrol "operasional" atas sisi Palestina perlintasan itu, yang merupakan pintu gerbang utama untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan dan bantuan ke daerah kantong tersebut.

   

"Kami tidur di dalam truk dan menderita karena suhu musim panas yang tinggi, tetapi kami masih berharap bisa menyeberang ke Gaza untuk mengantarkan bantuan kepada warga," ujar Abdel-Fattah.

   

Truk Abdel-Fattah sebagian besar mengangkut pasokan medis dan tenda. Namun, banyak rekan-rekannya, yang mengangkut makanan, mendapati barang-barang bawaan mereka rusak karena panas.

   

"Banyak makanan yang diangkut truk membusuk karena terpapar panas dan sinar matahari," ujarnya. "Hati saya hancur saat makanan membusuk di sini, sementara ribuan warga Palestina di balik tembok-tembok ini kelaparan."

   

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here