Beranda Jalan-jalan Bentang Alam Pronowijo di Lumajang

Bentang Alam Pronowijo di Lumajang

Sebuah desa wisata yang memiliki air terjun, sungai, dan danau sekaligus dapat ditemui di Desa Pronojiwo

0
1,743
Istimewa

CARAPANDANG - Jarang ada destinasi wisata alam sekomplet Kabupaten Lumajang di Jawa Timur. Jika para pelancong menikmati Air Terjun Tumpak Sewu, yang bagaikan tirai air, sudah menjadi pemandangan umum. Namun di Lumajang ada objek wisata menarik lainnya.

Sebuah desa wisata yang memiliki air terjun, sungai, dan danau sekaligus dapat ditemui di Desa Pronojiwo. Letaknya `di Kecamatan Pronojiwo, yang berjarak sekitar 50 km dari pusat kota.

Dihuni oleh lebih dari 8.200 warga, yang tersebar di 41 RT dan 14 RW, desa itu dibagi dalam tujuh dusun. Lantas, apa saja kelebihan dari Desa Wisata Pronojiwo?

Situs indonesiatravel Kemenparekraf menyebutkan, desa itu memiliki tiga objek wisata yang memukau, yaitu, Air Terjun Kabut Pelangi, Air Terjun Kapas Biru, dan aliran sungai Sumber Telu. Ketiganya merupakan spot wisata yang keelokannya bak lukisan alam.

Eksis sejak 2016, objek-objek wisata itu dikelola langsung oleh kelompok masyarakat setempat. Desa itu juga sudah memiliki beberapa produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang unik seperti kuliner khas dan kerajinan tangan yang berbahan baku tanaman.

Desa wisata itu juga kerap menampilkan kesenian tradisional seperti tarian kuda lumping dan barong cokot. Di sana, sejumlah tempat peristirahatan dan homestay juga telah tersedia. 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here