Beranda Ekonomi BI Bersinergi Dengan Sejumlah Perguruan Tinggi Dorong Literasi Keuangan UMKM

BI Bersinergi Dengan Sejumlah Perguruan Tinggi Dorong Literasi Keuangan UMKM

Sinergi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) sebagai implementasi nota kesepahaman

0
2,017

CARAPANDANG - Bank Indonesia (BI) bersinergi dengan sejumlah perguruan tinggi dalam rangka mendorong literasi keuangan UMKM melalui Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SIAPIK).

Sinergi tersebut diwujudkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) sebagai implementasi nota kesepahaman di Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Komitmen itu merupakan salah satu upaya BI untuk mengakselerasi target porsi pembiayaan perbankan kepada UMKM sebesar 30 persen pada 2024 sebagaimana dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu, Deputi Gubernur BI Juda Agung menekankan UMKM perlu didorong untuk mampu meningkatkan kapasitas dalam manajemen keuangan, sehingga mampu menganalisis kinerja keuangan melalui pencatatan keuangan, salah satunya menggunakan aplikasi SIAPIK.

BI telah berupaya menggiatkan kampanye penggunaan SIAPIK melalui Kantor Perwakilan Dalam Negeri serta bersinergi dengan kementerian dan lembaga, termasuk dengan perguruan tinggi untuk mengakselerasi pemanfaatan SIAPIK.

Hal itu sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Melalui sinergi ini, Bank Sentral berharap dapat memperbanyak jumlah serta meningkatkan kapasitas pelatih maupun pendamping sebagai mentor bagi UMKM dalam melakukan pencatatan keuangan.

Pada akhirnya, diharapkan UMKM dapat naik kelas dan meningkatkan kontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here