Beranda Internasional Ekonomi AS Terancam 'Ambruk'? Kok Bisa?

Ekonomi AS Terancam 'Ambruk'? Kok Bisa?

Amerika Serikat (AS) tengah menghadapi ancaman, karena status 'king' yang menempel pada dolar AS tergusur karena mata uang lain.

0
2,032
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG - Dilansir CNBC. Amerika Serikat (AS) tengah menghadapi ancaman, karena status 'king' yang menempel pada dolar AS tergusur karena mata uang lain.

Dolar AS mulai menjadi 'penguasa' dunia sejak 1920-an dengan menggeser poundsterling Inggris. Status 'king dolar' semakin dikuatkan oleh Bretton Woods system atau sistem Bretton Woods.

Sistem yang dibentuk pada tahun 1944 merupakan langkah AS dalam menciptakan tatanan sistem moneter baru di mana emas tidak lagi bisa menjadi nilai tukar tunggal.

Pada saat itu, 1 gram emas ditautkan kepada US$ 35. Sistem tersebut ditandatangani oleh 44 negara pada 1944. Sistem tersebut runtuh pada 1971 karena banyak pihak yang meyakini cadangan emas bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) tidak cukup untuk menjamin transaksi dolar.

Kendati sistem Bretton Woods runtuh, dolar AS tetap menjadi mata uang cadangan yang digunakan oleh negara-negara lain meskipun tidak lagi menjadi mata uang standar yang dipatok terhadap emas.

Dolar AS tetap menjadi penguasa karena paling banyak digunakan dalam perdagangan global, status AS sebagai negara dengan size ekonomi terbesar kedua, status AS sebagai pusat pasar keuangan dunia, serta super powernya AS dalam percaturan geopolitik dunia.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, status "king dollar" menghadapi tantangan berat. Banyak negara yang memilih meninggalkan dolar karena alasan stabilitas ekonomi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here