Beranda Pemprov Sumbar Gubernur Mahyeldi Hadiri Upacara Adat Batagak Gala Suku Sikumbang Datuak Putiah

Gubernur Mahyeldi Hadiri Upacara Adat Batagak Gala Suku Sikumbang Datuak Putiah

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menghadiri upacara adat Minangkabau, Batagak Gala Suku Sikumbang "Datuak Putiah" kepada Suhatri Bur yang juga menjabat Bupati Padang Pariaman di Surau Lubuk Tanjung Kaum Sikumbang, Nagari Pakandangan, Kec. Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman, Senin (23/10/2023).

0
960
Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menghadiri upacara adat Minangkabau, Batagak Gala Suku Sikumbang

Laporan: Linda Sari

SUMBAR, CARAPANDANG.COM - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menghadiri upacara adat Minangkabau, Batagak Gala Suku Sikumbang "Datuak Putiah" kepada Suhatri Bur yang juga menjabat Bupati Padang Pariaman di Surau Lubuk Tanjung Kaum Sikumbang, Nagari Pakandangan, Kec. Enam Lingkung Kab. Padang Pariaman, Senin (23/10/2023).

Gubernur Mahyeldi mengingatkan momentum malewakan panghulu perlu dimaknai secara mendalam bagaimana peran penting seorang panghulu yang diberi gelar Datuak merupakan gelar adat tertinggi di Minangkabau. 

"Kepada keluarga besar Suku Sikumbang, Pakandangan khususnya Bapak Suhatri Bur, yang hari ini dilewakan gala sebagai Datuak Putiah kami ucapkan selamat, semoga mampu menjalankan amanah ini dengan sebaik-baiknya dan mampu menjaga sumpah sebagai panghulu," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyebutkan bahwa niniak mamak yang diamanatkan sebagai penghulu memiliki tanggungjawab moral yang besar, tanggungjawab itu tidak hanya terhadap anak kemenakan dan kaum yang dia pimpin tetapi juga terhadap masyarakat secara umum, sesuai dengan sumpah adat saat dilantik sebagai panghulu.

"Namun demikian bahwa perkembangan dan tantangan degradasi moral generasi muda tidak hanya menjadi beban panghulu saja, tetapi menjadi tugas kita bersama saling bersinergi, antara Pemerintah, panghulu, alim ulama, cadiak pandai dan bundo kanduang," ujarnya.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait