Beranda Kolom Ini Nyata! Orang RI Hidupnya Makin Susah

Ini Nyata! Orang RI Hidupnya Makin Susah

Sejumlah ekonom berpandangan ekonomi Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Salah satu indikatornya adalah daya beli masyarakat yang sedang tertekan.

0
479
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Dilansir CNBC. Sejumlah ekonom berpandangan ekonomi Indonesia sedang tidak baik-baik saja. Salah satu indikatornya adalah daya beli masyarakat yang sedang tertekan.

Sederet pertanda daya beli warga menurun muncul dalam sejumlah data-data ekonomi terbaru. Mulai dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang melemah hingga penjualan di sejumlah sektor industri yang turun.

Berikut ini merupakan tanda-tanda masyarakat tengah mempererat tali pinggangnya.

Indeks Keyakinan Konsumen

Indeks Keyakinan Konsumen pada Mei 2024 turun menjadi 125,2, dari posisi April 2024 di level 125,2. Indeks ini mengukur keyakinan konsumen Indonesia mengenai kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi konsumen dalam periode yang akan datang.

"Pelemahan daya beli terlihat dari data IKK itu," kata Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Telisa Aulia Falianty.

Telisa mengatakan data IKK terbaru menunjukan seluruh kelompok pengeluaran masyarakat mengalami penurunan indeks. Diikuti anomali berupa tabungan konsumen yang ikut turun. Dia mengatakan hal itu menunjukkan pendapatan masyarakat tak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Adapun optimisme konsumen yang turun terjadi di semua pengeluaran mulai dari pengeluaran Rp 1-2 juta per bulan, hingga di atas Rp 5 juta per bulan. Sementara itu, data untuk persentase tabungan terhadap pendapatan mulai terus menurun. Pada April 2024 persentasenya sebesar 16,7%, namun pada Mei 2024 menjadi haya 16,6%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkait
Berita Terkait