Beranda Internasional Israel Balas Dendam Atas Serangan Hizbullah

Israel Balas Dendam Atas Serangan Hizbullah

Israel membalas serangan roket Hizbullah dengan membombardir Lebanon selatan pada Jumat (14/6) waktu setempat. Sebelumnya, puluhan rudal diluncurkan ke arah Israel utara selama beberapa hari.

0
295
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG - Israel membalas serangan roket Hizbullah dengan membombardir Lebanon selatan pada Jumat (14/6) waktu setempat. Sebelumnya, puluhan rudal diluncurkan ke arah Israel utara selama beberapa hari.

Sirene peringatan berbunyi di daerah perbatasan Israel utara pada pagi hari, ketika 35 rudal ditembakkan dari Lebanon selatan ke daerah sekitar kota perbatasan Kiryat Shmona.

Serangan tersebut menyebabkan banyak bangunan dan mobil rusak. Selain itu, kebakaran hutan pun terjadi di beberapa lokasi akibat puing-puing yang berjatuhan di tengah gelombang panas. 

Sebagai tanggapan, militer Israel mengatakan artileri mereka menyerang lokasi peluncuran yang dioperasikan oleh milisi Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon selatan. Jet Israel juga menghantam infrastruktur Hizbullah di wilayah Odaisseh dan Kfarkela.

Militer Israel dan pasukan Hizbullah sudah saling serang di perbatasan Lebanon selatan sejak dimulainya invasi Israel ke Gaza pada Oktober 2023.

Serangan Israel telah menewaskan lebih dari 300 pejuang Hizbullah di Lebanon. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan tahun 2006, ketika kedua pihak terakhir kali berperang besar, menurut penghitungan Reuters, dikutip Sabtu (15/6/2024).

Sementara itu, serangan dari Hizbullah telah menewaskan 18 tentara Israel dan 10 warga sipil, menurut keterangan Israel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here