Beranda Edukasi KNIU Dukung Komitmen Deklarasi Zero Waste School

KNIU Dukung Komitmen Deklarasi Zero Waste School

Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) mendukung deklarasi program kolaborasi bertajuk Zero Waste School

0
2,114
istimewa

CARAPANDANG - Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan mengubah perilaku siswa serta masyarakat terkait pengelolaan sampah plastik di Jakarta, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) mendukung deklarasi program kolaborasi bertajuk Zero Waste School yang diluncurkan pada tanggal 10 Oktober 2023.

Deklarasi Zero Waste School diinisiasi oleh World Wide Fund for Nature (WWF) Indonesia bersama Dinas Pendidikan DKI Jakarta dengan sasaran 50 sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tersebar di Jakarta.

Hadir pada peluncuran deklarasi, Koordinator Nasional Education for Sustainable Development and Associated School Project Network (ESD and ASPNet), KNIU, Ananto Kusuma Seta mengungkapkan bahwa saat ini semua insan bersiap memasuki budaya baru.

“Selama ini, pembangunan hanya bertumpu pada aspek economypeople, dan profit. Menjadi keniscayaan diperlukan satu unsur tambahan untuk melengkapi tiga aspek tersebut, yakni unsur etika atau budaya. Di masa mendatang, unsur etika atau budaya menjadi lokomotif penggerak pembangunan,” jelas Ananto.

Ananto juga menuturkan bahwa ESD adalah pembelajaran holistik yang bertujuan untuk menghasilkan generasi yang memiliki empati, kepedulian, dan sumbang karya inovasi untuk menyelesaikan masalah yang ada di lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here