Beranda Politik Kolaborasi Lintas Sektor Untuk Ciptakan Pemilu Sehat

Kolaborasi Lintas Sektor Untuk Ciptakan Pemilu Sehat

untuk dapat menciptakan suasana komunikasi kampanye pemilu di ruang publik yang sehat diperlukan kolaborasi lintas sektor

0
2,168
istimewa

CARAPANDANG - Pemilu merupakan salah satu sarana bagi Rakyat untuk melaksanakan amanah demokrasi. Dalam pelaksanaannya, Pemilu rentan menyisakan persoalan seperti penyebaran berita bohong atau hoax yang perlu dicegah. 

Kampanye negatif dapat menjelma jadi kampanye hitam (black campaign) jika tidak dibarengi data, berita bohong, bahkan dibumbui kata² yang kurang santun, yang pada akhirnya memantik perselisihan/konflik. Peran media massa yang tidak lagi netral juga turut memperkeruh suasana demokrasi.

Hari-hari ini cara publik berkomunikasi beralih dari media offline ke media online. Kampanye tidak lagi melalui arak-arakan di jalan tetapi beralih ke media sosial. Media sosial dengan fitur algoritmanya, di sisi lain menjadi sarana polarisasi, ujaran kebencian, hoax politik. 

Disinformasi politik menurunkan kualitas demokrasi di berbagai negara. Bahkan di negara yang sudah maju pun tingkat demokrasinya dapat menurun. Sebut saja Amerika pada pemilu 2016. Disinformasi politik akibat pnyebaran hoax berpengaruh signifikan terhadap hasil pemilihan presiden di Amerika. Hal serupa juga terjadi di Swedia (Eropa) dan Filipina (ASEAN) yang hasil pemilunya dipengaruhi sebaran berita hoax.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here