Beranda Umum Korlantas: NIK KTP Kini Resmi Jadi Nomor SIM

Korlantas: NIK KTP Kini Resmi Jadi Nomor SIM

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus mengungkapkan format baru SIM untuk memudahkan pendataan masyarakat pemilik SIM.

0
326
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Pihak kepolisian memastikan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai nomor Surat Izin Mengemudi (SIM) sudah berlaku sejak Juli 2024.

Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus mengungkapkan format baru SIM untuk memudahkan pendataan masyarakat pemilik SIM.

"(Sudah berlaku dari) Juli 2024," kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusri Yunus dikutip dari detikcom, Selasa (13/8/2024).

Yusri menuturkan format baru pada SIM ini untuk mendukung penggunaan SIM di luar negeri. Adapun, penggunaan NIK sebagai nomor SIM akan terjadi otomatis ketika Anda melakukan perpanjangan masa berlaku lima tahun.

"Sambil berjalan, yang (SIM) masih hidup silakan sampai lima tahun ke depan. Nanti kalau masa perpanjangnya nanti sesuai kebijakan format yang terbaru. Jadi kita beri kemudahan, bukan mengubah langsung," jelas Yusri.

Yusri mengatakan penggantian nomor SIM menjadi NIK bertujuan untuk mempermudah pendataan. Hal ini akan membuat SIM setara dokumen kenegaraan lainnya yang berbasis pada NIK.

"Kita satukan data. Kalau kita nanti buka datanya sudah single meliputi nomor NIK, KTP, SIM A, SIM C, NPWP, BPJS semua dengan single data sehingga lebih mudah," ujar Yusri.

Sebelumnya, Yusri menjelaskan rencana ini merupakan bagian dari upaya untuk menertibkan data pribadi warga Indonesia. Penggunaan NIK diharapkan dapat mencegah duplikasi pembuatan SIM yang selama ini memungkinkan seseorang memiliki beberapa SIM di wilayah yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here