Beranda Internasional Korsel Dilanda Rekor Curah Hujan Ekstrem

Korsel Dilanda Rekor Curah Hujan Ekstrem

Melansir Asian News, ada beberapa daerah yang dilanda hujan lebat seperti Geumsan di Chungcheong Selatan, Chupungnyeong di Chungcheong Utara, dan Gunsan di Jeolla Utara.

0
386
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Korea Selatan tengah dilanda rekor curah hujan yang ekstrem pada sebagian wilayahnya, Selasa (9/7). Fenomena ini biasanya hanya terjadi setiap 200 tahun sekali.

Badan cuaca Korsel dan Kementerian Dalam Negeri Korsel melaporkan kejadian ini menyebabkan sedikitnya empat orang tewas dan satu orang hilang.

Melansir Asian News, ada beberapa daerah yang dilanda hujan lebat seperti Geumsan di Chungcheong Selatan, Chupungnyeong di Chungcheong Utara, dan Gunsan di Jeolla Utara.

Curah hujan per jam menyumbang lebih dari 10 persen curah hujan tahunan rata-rata kota sebesar 1.246 mm.

Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam 117 tahun terakhir, sejak pencatatan cuaca dimulai pada tahun 1907. Badan Meteorologi Korea mengatakan intensitas curah hujan semalaman berada pada tingkat yang terjadi setiap 200 tahun sekali.

Pulau Eocheongdo di dekatnya, yakni di sebelah barat Gunsan, menerima curah hujan sebesar 146 mm dalam waktu sekitar satu jam mulai pukul 23:51 pada hari Selasa (9/7). Terakhir kali curah hujan melebihi 140 mm dalam waktu satu jam terjadi di kawasan ini adalah pada tanggal 31 Juli 1998.

Hujan deras juga mendatangkan malapetaka di beberapa wilayah yang intensitas curah hujan tertingginya melebihi 100 mm dalam satu jam.

Daerah-daerah tersebut termasuk Iksan, juga di Provinsi Jeolla Utara, dengan curah hujan 125,5 mm; dan Seocheon dan Buyeo di Provinsi Chungcheong Selatan, yang menerima curah hujan masing-masing sebesar 111,5 mm dan 106 mm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here