Beranda Internasional Sistem Pertahanan Ukraina Klaim Tembak 32 Drone Rusia

Sistem Pertahanan Ukraina Klaim Tembak 32 Drone Rusia

Serangan itu merupakan bagian dari pengeboman yang meluas hingga ke Lyiv, di dekat Polandia.

0
1,815

CARAPANDANG - Sistem pertahanan udara Ukraina menembak jatuh 32 dari 35 drone Shahed yang diluncurkan Rusia pada Selasa (20/6/2023) pagi waktu setempat, mayoritas menargetkan Kyiv.

Serangan itu merupakan bagian dari pengeboman yang meluas hingga ke Lyiv, di dekat Polandia.

"Pesawat tak berawak Shahed berhasil mencapai Lviv karena ketidakmampuan sistem pertahanan udara mencakup wilayah yang begitu luas," ujar juru bicara Angkatan Udara Ukraina Yuriy Ihnat seperti dilansir AP, Rabu (20/6/2023).

Sistem pertahanan udara, ungkap Ihnat, sebagian besar ditujukan untuk melindungi kota-kota besar, fasilitas infrastruktur utama, termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir dan garis depan.

"Ada kekurangan aset pertahanan udara untuk menutupi Ukraina dengan kubah seperti halnya yang dimiliki Israel," kata Ihnat, mengacu pada sistem pertahanan Israel, Iron Dome.

Menurut Gubernur Lviv Maksym Kozytskyi serangan Rusia ke wilayahnya menghantam fasilitas infrastruktur penting, memicu kebakaran.

Rusia juga menyerang wilayah Zaporizhzhia di Ukraina selatan dengan rudal balistik. Pertahanan udara Ukraina telah diperkuat dengan senjata canggih dari sekutu Baratnya, memungkinkan tingkat keberhasilan lebih tinggi terhadap serangan drone dan rudal yang masuk.

Sebelumnya, pengeboman selama musim dingin oleh Rusia merusak pasokan listrik Ukraina, meski kemudian cepat diperbaiki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here