Beranda Internasional Terkini! Rusia Kuasai 2 Wilayah Baru di Ukraina

Terkini! Rusia Kuasai 2 Wilayah Baru di Ukraina

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pasukan telah menguasai desa-desa tetangga Progres dan Yevgenivka, yang berjarak beberapa kilometer. Kemenangan ini juga secara tersirat diakui Ukraina.

0
483
carapandang.com | Putin

CARAPANDANG.COM - Rusia kembali mengklaim kemenangan di Ukraina. Militer Presiden Vladimir Putin mengatakan pasukannya telah merebut dua desa di wilayah Donetsk di Ukraina timur, saat bergerak maju menuju kota Pokrovsk, barat laut ibu kota regional tersebut.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan bahwa pasukan telah menguasai desa-desa tetangga Progres dan Yevgenivka, yang berjarak beberapa kilometer. Kemenangan ini juga secara tersirat diakui Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa pasukan Kyiv berada di bawah tekanan di wilayah tersebut selama pidato malamnya pada Minggu waktu setempat. Ia berujar serangan musuh paling intens berada di sana.

"Sangat menantang di arah Donetsk, dan di arah Pokrovsk-lah jumlah serangan Rusia terbesar minggu-minggu ini," katanya dikutip AFP, Senin (29/7/2024).

"Setiap orang yang menghentikan serangan Rusia dan menghancurkan potensi ofensif Rusia ini tengah menjalankan salah satu misi terpenting dalam perang ini," tambahnya.

Sebenarnya, di Sabtu, Rusia juga mengklaim kemenangan serupa, tepatnya di desa terdekat Lozuvatske, salah satu dari hampir selusin desa yang diklaim telah direbutnya di wilayah Donetsk bulan ini. Kremlin baru-baru ini memusatkan kemampuan ofensifnya di wilayah tersebut, yang diklaim telah dianeksasinya beberapa bulan setelah melancarkan invasi ke Ukraina pada bulan Februari 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here