Beranda Sejarah Wisata Sejarah di Kota Tua Ampenan

Wisata Sejarah di Kota Tua Ampenan

Berwisata ke kawasan kota tua sambil menyaksikan kemegahan bangunan-bangunan bersejarah berusia ratusan tahun bisa menjadi alternatif

0
1,613
Istimewa

CARAPANDANG - Berwisata ke kawasan kota tua sambil menyaksikan kemegahan bangunan-bangunan bersejarah berusia ratusan tahun bisa menjadi alternatif dalam mengisi hari libur. Salah satu lokasi kota tua itu ada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Ampenan yang berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota di Mataram. Ampenan berasal dari kata "amben" yang dalam bahasa Sasak artinya adalah tempat persinggahan.

Kecamatan dengan 10 kelurahan ini dikenal juga sebagai miniatur Indonesia lantaran penduduknya datang dari beragam suku di Nusantara dan membentuk komunitas sendiri seperti Kampung Jawa, Kampung Tionghoa, Kampung Bugis, Kampung Melayu, Kampung Banjar, Kampung Bajo, Kampung Arab, dan Kampung Bali. Kawasan Ampenan juga banyak terdapat bangunan peninggalan penjajahan Hindia Belanda berusia lebih dari seabad.

Sejarawan Sudirman Bahri dalam bukunya “Studi Sejarah dan Budaya Lombok” mengungkapkan sejak abad 19 Ampenan telah menjadi pusat perdagangan yang ramai. Pada masa lalu, Ampenan merupakan pusat kota Lombok yaitu ketika Pemerintah Hindia Belanda menunjuknya sebagai Afdeeling atau wilayah administrasi setingkat kabupaten berdasarkan Staatbald nomor 181 tahun 1895 tertanggal 31 Agustus 1895.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here