Beranda Edukasi Catat! Peran Orang Tua di 100 Hari Pertama Sekolah Anak

Catat! Peran Orang Tua di 100 Hari Pertama Sekolah Anak

Di sinilah orang tua dituntut berperan lebih untuk mendukung dan membantu si Kecil beradaptasi dengan lingkungan barunya.

0
398
Ilustrasi | Istimewa

CARAPANDANG.COM - Dilansir klikdokter. Di hari pertama anak masuk sekolah dasar (SD), dirinya akan menghadapi hal-hal baru. Mulai dari aktivitas, lingkungan, proses belajar, teman, dan guru semuanya adalah hal yang mungkin belum pernah anak temui sebelumnya.

Tentunya, dengan adanya hal ini, anak membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri. Di sinilah orang tua dituntut berperan lebih untuk mendukung dan membantu si Kecil beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Nah, agar Kamu tidak salah langkah dan benar-benar bisa membuat anak beradaptasi dengan lingkungan barunya, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Bercerita Tentang Zaman Sekolah Dulu

Dengan bercerita mengenai diri Kamu sewaktu sekolah, anak akan mendapatkan sedikit gambaran tentang kehidupan yang akan dihadapinya beberapa tahun ke depan.

Meski berbeda zaman dan kondisi, cerita yang Kamu lontarkan tentang kehidupan semasa sekolah bisa membuat anak terhindar dari rasa cemas dan depresi menghadapi harinya sebagai siswa baru.

2. Antar Anak ke Sekolah

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyarankan setiap orang tua untuk mengantar anak di hari pertama sekolah. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan adaptasi dari lingkungan rumah ke lingkungan sekolah.

Tidak hanya ibu, ayah juga disarankan ikut mengantar. Selain itu, menunjukkan lingkungan sekolah seperti kamar mandi, ruang guru, kantin, sambil mengantar anak sampai kelas juga disarankan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here