Beranda Sejarah Kutai Kartanegara: Kerajaan Hindu dan Asal Usul Orang Basap

Kutai Kartanegara: Kerajaan Hindu dan Asal Usul Orang Basap

Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur semakin dikenal setelah sebagian wilayahnya masuk dalam area Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

0
2,516
Istimewa

CARAPANDANG - Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur semakin dikenal setelah sebagian wilayahnya masuk dalam area Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Jauh sebelum terpilih menjadi bagian IKN, nama “Kutai Kartanegara” sudah terkenal sejak lama dan menyimpan sejarah panjang. Hal inilah yang menjadikan Kutai Kartanegara memiliki cerita-cerita legenda yang menarik dijadikan daya tarik wisata storynomics tourism.

Sekilas mengingatkan, storynomics tourism adalah pendekatan pariwisata yang mengedepankan narasi, konten kreatif, living culture, dan menggunakan kekuatan budaya untuk mengenalkan suatu destinasi wisata. Itu artinya, adanya storynomics tourism yang menarik dari Kutai Kartanegara dapat memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Baik itu dengan mendengar sejarah, hingga fakta budaya yang masih sangat kental dan lestari di Kutai Kartanegara.

Koleksi Kerajaan Hindu di Museum Mulawarman

Cerita legenda di Kutai Kartanegara tidak bisa dipisahkan dari hadirnya Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia: Kutai Martadipura, yang berdiri sejak abad ke-4. Penting dipahami jika Kerajaan Kutai Martadipura berbeda dengan Kerajaan Kutai Kartanegara. 

Bukti sejarah peninggalan Kerajaan Kutai Martadipura tersebut bisa ditemukan di Museum Mulawarman. Ada sekitar 5.373 koleksi bersejarah di museum tersebut, mulai dari singgasana, pakaian kebesaran, tempat peraduan, tombak dan keris, kalung, hingga prasasti yupa.

Foto: Kedaton Kutai Kartanegara yang menjadi daya tarik wisata (Shutterstock/Sony Herdiana)Foto: Kedaton Kutai Kartanegara yang menjadi daya 

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here