Beranda Perspektif Mewujudkan Lingkungan Sekolah Aman dan Nyaman

Mewujudkan Lingkungan Sekolah Aman dan Nyaman

Jika kekerasan di lingkungan sekolah masih terjadi, maka transformasi pendidikan yang sedang dilakukan oleh pemerintah tidak akan ada artinya.

0
2,634
Istimewa (Net)

CARAPANDANG -  Oleh: Amir Fiqi, Pemerhati pendidikan dan sosial

Kekerasan di lingkungan sekolah masih menjadi ancaman yang serius bagi jalannya pendidikan di Indonesia. Rangkaian peristiwa kekerasan di lingkungan sekolah kerap mewarnai pemberitaan, dan jumlah semakin banyak.

Jika kekerasan di lingkungan sekolah masih terjadi, maka transformasi pendidikan yang sedang dilakukan oleh pemerintah dengan meningkatkan mutu guru hingga perubahan kurikulum tidak akan ada artinya, sebab anak-anak tidak merasa aman di lingkungan satuan pendidikan yang menjadi tempat mereka menimba ilmu.

Mewujudkan lingkungan pendidikan yang aman dan nyaman merupakan kunci penting bagi keberhasilan pendidikan di Indonesia. Maka itu, guru, siswa dan wali murid harus bekerjasama untuk mewujudkannya. Namun yang terjadi akhir-akhir ini masih jauh dari harapan, kekerasan di lingkungan sekolah kerap terjadi di sejumlah daerah, dan yang menjadi korban dan pelaku adalah guru, siswa dan wali murid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here