Beranda Internasional Partai Presiden Azerbaijan Menangkan Pemilu

Partai Presiden Azerbaijan Menangkan Pemilu

Di Azerbaijan, partai yang dipimpin oleh Presiden Ilham Aliyev, Partai Azerbaijan Baru, memenangkan pemilihan umum yang diadakan pada hari Minggu, 1 September 2024.

0
341
Di Azerbaijan, partai yang dipimpin oleh Presiden Ilham Aliyev, Partai Azerbaijan Baru, memenangkan pemilihan umum yang diadakan pada hari Minggu, 1 September 2024.

CARAPANDANG - Di Azerbaijan, partai yang dipimpin oleh Presiden Ilham Aliyev, Partai Azerbaijan Baru, memenangkan pemilihan umum yang diadakan pada hari Minggu, 1 September 2024. Hasil jajak pendapat menunjukkan bahwa partai tersebut berhasil memperoleh 68 dari 125 kursi di Milli Majlis, sedikit menurun dari perolehan sebelumnya yang berjumlah 69 kursi. Sisanya diperoleh oleh partai-partai kecil yang mendukung pemerintah atau oleh kandidat independen.

Dari 990 kandidat yang bersaing, sebagian besar tidak terpilih untuk menduduki 125 kursi parlemen tersebut. Pemilu ini adalah yang pertama sejak Azerbaijan melakukan serangan cepat tahun lalu untuk mengambil alih kendali penuh atas Nagorno-Karabakh. Pemilu-pemilu sebelumnya di Azerbaijan, sejak kemerdekaannya dari Uni Soviet pada tahun 1990-an, tidak sepenuhnya dianggap bebas dan adil.

Tidak ada perubahan signifikan yang diharapkan dari pemilu Milli Majlis kali ini, yang masih didominasi oleh partai Aliyev. Haidar Aliyev, ayah dari Ilham, memimpin negara tersebut dari tahun 1993 sampai kematiannya pada tahun 2003, diikuti oleh Ilham yang mengambil alih kekuasaan.

Kedua pemimpin tersebut memerintah dengan tangan besi, terutama selama masa kekayaan negara dari cadangan minyak dan gas alam yang melimpah. Sesuai dengan konstitusi Azerbaijan, pemilu seharusnya diadakan pada bulan November tahun ini.

  • Tags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here